Powered By Blogger

Senin, 22 Agustus 2011

Memformat Harddisk Menggunakan partition Magic


Salah satu keunggulan perangkat lunak Partition Magic adalah kemampuan Partition magic untuk memfotmat harddisk (partisi) ke dalam ssistem file yangkita inginkan, bahkan memformat partisi ke dalam sistemfile linux, atau mengkonversi (mengubah) partisi dari system file yang satu kedalam system file yang lain.

Kemudian dengan partisi magis kita dapat membuat partisi utama (primary haddisk)
Setelah urutan boot (boot sequence) pada BIOS sudah diubah seperti yang diatas, langkah selanjutnya menjalankan Partition Magoc 8.0 dengan cara sebagai berikut:
1.  Hidupkan computer. Jika dalam hard sisk sudah terinstall di winsows, maka wiondows akan dijalankan. demikian cara dalam harddisk di install linux, tunggulah hingga linux di jalankan setelah windows dan atau linux dijalankan, masukkanlah CD rom partition magic 8.0 ke dalam Drive CD Rom, CD RW atau DVD. Kemudian restart windows atau linux.
jika anda sedang berada dalam dos, atau jika anda sedang dalam setup bios atau sejenisnya, masukkan Cd rom partition magic ke dalam drive dd rom atau dvd, kemudian tekan tombol CRTL+ALT+Del untuk mertestart computer.
2.    Maka computer akan di restart dan membaca cd rom partition magic 8.0 yang berada dalam drive cd rom atau dvd.
3.    Setelah cd rom partition magic selesai di baca, maka di layer akan muncul partition magic dengan 3 buah pilihan:
1.      Partition Magic
2.      Boot Magic
3.      DOS
4.      Pilih partition magic dengan menekan angka 1. Keluar 6 buah pilihan (mengenai bahasa yang akan di gunakan) pilih English dengan menekan angka 1. 
5.   Selanjutnya keluar program PowerQuest Partition Magic 8.0 

 
6. Jika harddisk anda baru, maka di dalam daftar atau table partisi akan terdapat Unallocated. Artinya ruangan yang beklum di alokasikan atau di gunakan. Sedangkan angka yang terdapat di sebelah kanannya adalah kapasitas harddisk anda, atau jumlah ruangan yang belkum di gunakan. Jika disitu tertulis 38162.2, berarti kapasitas harddsik anda adalah 40GB (bagi dengan 1.00). sebuah hardsik berkapasitas 40GB, tidak benar-benar 40Gbm tetapi kiurang dari 40Gb, demikian dengan harddsik berukiran lain. Demikian juga dengan cr-r dan cd-rw.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar